12/04/16

Ketika Rasul Saw. Memimpin Takmir Masjid

Judul Buku: Ketika Rasul Saw. Memimpin Takmir Masjid
Penulis: Ahmad Sarwono bin Zahir
Penerbit: Salma Idea
Tahun: Cetakan Pertama, 2014
Tebal: 310 hlm.
Berat: 297 g.
ISBN: 978-602-70501-0-5

Harga: Rp.55.000

Keterangan:

Semua muslimin mengenal junjungan kita Muhammad Saw. sebagai Rasul terakhir dan menjadi sosok teladan. Banyak sisi dari sosok terkenal tersebut telah ditulis. Mulai dari kesuksesan berbisnis, berumah tangga, menyusun strategi, memimpin perang, hingga berdiplomasi. Namun, amat langka, bahkan mungkin belum ada buku yang menyajikan Muhammad Rasulullah sebagai sosok Imam Masjid sekaligus Ketua Takmir Masjid.

Buku ini menyajikan berbagai keteladan Rasulullah Saw. dalam mengondisikan penduduk Madinah sehingga mereka menjadi jamaah masjid teladan dan mampu memakmurkan Masjid Nabawi maupun masjid-masjid di Madinah selama 24 jam dalam dasawarsa pertama Hijriah. Di antara arahan ajaib Rasulullah Saw. agar umat manusia mendapatkan jaminan hidup berkecukupan di dunia dan setelah wafatnya dimasukkan ke surga adalah mengamalkan 3 perkara, yakni (1) memasuki rumahnya dengan mengucapkan salam; (2) memakmurkan masjid; dan (3) fi sabilillah untuk mensyia’arkan agama.

Dengan mengikuti kegiatan Masjid Nabawi yang dipimpin Rasulullah Saw., maka masjid-masjid di negara-negara Australia, Eropa, maupun Amerika justru berhasil meningkatkan jumlah mualaf yang berasal dari berbagai agama secara mengagumkan dan meningkatkan kualitas ketakwaan umat Islam (imigran) di negeri tersebut secara signifikan.

Adapun bagi negeri kita tercinta yang tragis dengan penurunan prosentase umat Islam terus-menerus (berdasarkan data Menag RI, 26 Juni 2012: Saat kemerdekaan RI 17 Agustus 1945 populasi umat Islam hampir 100%, lalu tahun 1980-an masih di atas 90%, tahun 2000 turun menjadi 88,2%, dan tahun 2010 menurun ke 85,1%), maka buku ini menjadi amat penting dan tepat sebagai panduan untuk memakmurkan sejuta masjid yang ada di negeri ini, sehingga Allah Swt. mengembalikannya menjadi umat terbaik, mandiri, wibawa, dan bermartabat dalam bingkai ‘Izzul-Islam wal-Muslimin sekaligus membukakan keberkahan dari langit maupun bumi khususnya di Indonesia.

*   *   *

Buku ini berisi tujuh bab, (1) Persiapan Menjadi Imam Masjid Teladan; (2) Imam Masjid Teladan Bagi Jamaahnya; (3) Amal Masjid Nabawi di Madinah; (4) Ekspedisi Masjid Dihiasi Nasihat; (5) Kunci Sukses Ketakmiran Masjid; (6) Beberapa Masjid Penting Dewasa Ini; (7) Penutup: Berkah Kemakmuran Masjid.

Pembahasan dalam buku ini semakin mudah dipahami karena dilengkapi dengan tabel urutan peristiwa Dakwah Rasulullah Saw. Sebelum Berbasis Masjid (dalam Tahun Masehi) dan Dakwah Berbasis Masjid Nabawi dan Keajaibannya (dalam Tahun Hijriah).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...