08/10/15

Kuli

Judul Buku: Kuli
Penulis: M.H. Szekely-Lulofs
Penerbit: Grafiti Pers
Tahun: 1985
Tebal: 115 hlm.
Berat: 120 g.

Harga: Rp.50.000

Keterangan:


Novel ini ditulis oleh Madelon Hermine Szekely-Lulofs, lahir di Surabaya pada 24 Juni 1899. Sebagai anak seorang amtenar pangreh praja, Lulofs banyak menjelajahi pelosok Indonesia. Setelah menikah dan kemudian disusul dengan perkawinannya yang kedua, ia bermukim di Deli, mengikuti suaminya yang bekerja sebagai planter atau tuan kebun di kawasan itu (1918-1930). Dengan demikian, novel ini merupakan saksi sejarah yang tak perlu diragukan lagi keontetikannya mengenai salah satu praktek kolonial di Indonesia.

Dalam kamus sejarah penjajahan di tanah air, kuli kontrak identik dengan perbudakan. Masa yang menyedihkan di Deli itu sudah lama berlalu, namun secara polos dan memikat, Lulofs berhasil merekamnya dalam novel pendek ini.

Ia bukanlah satu-satunya penulis yang menggarap Deli dan kehidupan perkebunannya. Tapi, baik penulis-penulis sebelum dia maupun sesudahnya, tidak seorang pun yang mencapai taraf penulis yang satu ini. Sudah menulis sejak kecil, namanya melejit segera setelah penerbitan novelnya yang pertama Rubber (1931).

Penulis meninggal di Amsterdam pada 22 Mei 1958. Karyanya yang lain, De Andere Wereld, Cut Nya’ Din, dan De Hongertocht.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...