29/10/15

Ilmu yang Seksis

Judul Buku: Ilmu yang Seksis: Feminisme dan Perlawanan terhadap Teori Sosial Maskulin
Penulis: Rachmad Hidayat
Pengantar: Dr. Mansour Fakih
Penerbit: Jendela
Tahun: 2004
Tebal: 362 hlm.
Berat: 415 g.
ISBN: 979-95978-178-x

Harga: Rp.55.000

Keterangan:

Dalam perspektif feminisme, ilmu sosial modern telah merugikan dan mendeskreditkan peran, posisi, serta kedudukan perempuan. Ilmu sosial modern tidak tertarik dan menganggap pengalaman serta kontribusi perempuan dalam kehidupan sosial tidak penting dibandingkan laki-laki.

Pandangan-pandangan inilah yang akhirnya melanggengkan subordinasi perempuan dalam struktur masyarakat aktual yang tidak menaruh hormat kepada identitas perempuan. Ilmu sosial modern itu tidak netral-seks.

Kaum feminis berusaha mengembangkan rumusan epistemologi dan metodologi ilmu yang baru serta secara radikal bertentangan dengan konsep-konsep epistemologi tradisional. Teori feminis dicirikan oleh penempatan asumsi-asumsi tentang relasi gender yang mendasari konstitusi pengetahuan.

Dalam hal ini muncul kesadaran gender pada subjek ilmu yang membentuk tujuan-tujuan sekaligus berjalannya proses teoretisasi. Kaidah-kaidah metodologi dan norma-norma epistemologi yang dirumuskan para feminis menghasilkan prosedur-prosedur teoretis yang justru ditentang oleh paradigma ilmu sosial modern.

Kaidah-kaidah ini membangun strategi-strategi ilmu baru yang mampu mempresentasikan dan memediasi aspirasi serta kepentingan identitas perempuan dalam praktik ilmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...