13/10/15

Hari-Hari yang Panjang 1963-1966

Judul Buku: Hari-Hari yang Panjang 1963-1966
Penulis: Sulastomo
Penerbit: CV Haji Masagung
Tahun: Cetakan ketiga, 1990
Tebal: 182 hlm.
Berat: 196 g.
ISBN: 979-412-144-4

Harga: Rp.40.000

Keterangan:

Buku ini ditulis oleh seorang dokter Sulastomo sebagai pengungkapan kembali pengalaman hidupnya selama tahun tersebut. Dalam kurun waktu itu ia menjabat Ketua Umum PB HMI, sebagai organisasi mahasiswa yang sangat dimusuhi oleh PKI. Bahkan, jabatan itu masih dipegangnya ketika terjadi peristiwa G30S/PKI pada tahun 1965.

Peristiwa G30S/PKI adalah peristiwa yang sangat penting bagi sejarah bangsa dan negara Indonesia. Peristiwa yang merupakan tragedi nasional itu tak mungkin dapat dilupakan oleh bangsa Indonesia yang memiliki Pancasila sebagai falsafah dan dasar negara.

Buku seperti tulisan dokter Sulastomo ini sangat diperlukan, khususnya bagi generasi yang tidak mengalami sendiri berbagai gejolak, tidak saja di bidang politik, ekonomi, sosial, tetapi juga bidang pertahanan dan keamanan.

Kata Mereka Tentang Buku Ini:

KOMPAS: Cukup berharga untuk bisa menyimak sisi dalam di tubuh HMI masa itu. (Julius Pour).

SURABAYA POST: Layak dibaca oleh generasi muda. Karena di dalam buku ini banyak berisi penuturan “baru” yang sebelumnya belum sempat dituturkan oleh orang lain. (Fauzi Rahman).

PELITA: Paparannya jujur. Untuk sebuah kilas balik kita memperoleh catatan berharga tentang bagaimana seorang pemimpin mahasiswa berhasil keluar dari rumitnya peran yang harus dilakukan. (Slamet Effendi Yusuf).

BANJARMASIN POST: Sulastomo dengan gaya bahasa yang lancar dan cukup komunikatif mengemukakan cerita yang bermain di balik layar, mengapa Bung Karno tidak juga membubarkan HMI. (REN).

EDITOR: Betapapun, buku ini menyajikan tak cuma fakta sejarah. Penulisnya adalah pelaku. Tahun-tahun itulah sebenarnya perjalanan terberat HMI. (Musthafa Helmy).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...