10/10/15

Dinamika Kaum Santri

Judul Buku: Dinamika Kaum Santri; Menelusuri Jejak dan Pergolakan Internal NU
Penulis: Slamet Effendy Yusuf, Mohamad Ichwan Syam, Masdar Farid Mas’udi
Pengantar: Dr. Zamakhsyari Dhofier
Penerbit: Rajawali
Tahun: 1983
Tebal: 236 hlm.
Berat: 245 g.

Harga: Rp.50.000


Keterangan:

“Ya, kita orang Islam, terutama Alim Ulama dan pimpinannya yang selalu selalu berhusnudzon ini, yang selalu memegang kata-kata dan janji-janji sebagai ukuran iman dan moral tidak jarang menjadi korban dan permainan orang, terutama orang-orang yang keagungan kariernya tidak setaraf dengan keagungan akhlaknya yang menganggap janji dan omongan hanya kembang bibir sementara.”
(Dr. Idham Chalid, Mu’tamar ke-22 NU, Jakarta 14 Desember 1959, Mendayung Taufan, hal. 66).

Kata-kata Dr. Idham Chalid ini, nyaris menjadi pepatah. Dan kini, sebagai sebuah ujar, ia diuji. Juga bagi Nahdlatul Ulama, organisasi keagamaan terbesar di Indonesia.

Buku ini, dengan cara yang ilmiah populer, mencoba menelusuri apa yang kini sedang terjadi di NU. Perubahan-perubahan tampaknya sedang berlangsung secara pasti. Ada pergumulan di dalamnya. Juga lantaran tantangan-tantangan yang dihadapi. Mampukah NU keluar dari kemelut internalnya? Mampukah NU menemukan kembali identitasnya? Mampukah NU meraih peranan yang lebih besar di masa depan? Di mana peranan kiai, intelektual, kaum profesional, politisi, dll. di tengah pergolakan ini?

Bagaimanapun NU merupakan kekuatan sosial-keagamaan yang amat penting di tengah kehidupan bangsa Indonesia. Semua perkembangan di dalamnya, besar atau kecil, akan membawa pengaruh kepada “cuaca” kehidupan bangsa.

Tentang buku ini, Dr. Zamakhsyari Dhofier dalam Catatan Pembukanya menulis, “Kalau pesan buku ini berhasil mencapai sasaran, kemungkinan kita akan melihat perubahan dalam banyak hal di lingkungan NU.”

2 komentar:

  1. Buku seperti ini recommended mas. terlebih lagi untuk saya yang kadang belum terlalu memahami seluk beluk mengenai NU. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, benar sekali, Mbak Widya Herma, buku ini bisa dijadikan sumber penting dalam membaca dan memahami geliat organisasi keagamaan terbesar di Indonesia ini.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...