02/10/15

Ajaran-Ajaran Ki Ageng Suryomentaram

Judul Buku: Ajaran-Ajaran Ki Ageng Suryomentaram
Penerbit: Inti Sedayu Press
Tahun: 1986
Tebal: 196 hlm.
Berat: 200 g.

Harga: Rp.65.000

Keterangan:

Ki Ageng Suryomentaram dilahirkan di Kraton Yogyakarta pada 20 Mei 1892 putra Sri Sultan Hamengku Buwono VII. Pada waktu Perang Dunia I baru selesai, Ki Ageng Suryomentaram dan Ki Hajar Dewantara beserta beberapa orang mengadakan sebuah forum yang dikenal sebagai sarasehan Selasa Kliwon. Banyak hasil pemikiran Ki Ageng Suryomentaram yang penting untuk dicermati.

Ajaran-ajaran Ki Ageng Suryomentaram yang dihimpun dalam buku ini merupakan ceramah-ceramah yang disampaikan dalam bahasa Jawa, yang kemudian diterjemahkan ke bahasa Indonesia oleh putra beliau, dr. Grangsang Suryomentaram, dan pengikut beliau, Ki Oto Suastika.

Masalah yang menjadi perhatian Ki Ageng Suryomentaram beraneka ragam terekam dalam buku ini. Ada masalah budaya, sosial, ekonomi, juga politik. Bagi yang menyukai bidang pemikiran dan filsafat, buku ini penting adanya. Sebab, Ki Ageng Suryomentaram sangat terkenal sebagai seorang filsuf Jawa, bahkan juga dijuluki sebagai sang Plato dari Jawa.

Buku ini semoga bermanfaat, khususnya sebagai sarana untuk berefleksi atau mawas diri. Sebab, hanya dengan jalan lebih sering mengadakan refleksi, orang akan lebih mengenal dirinya sendiri, dan dengan begitu ia juga akan lebih mengetahui makna serta tujuan hidupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...