05/09/15

Radio Siaran dan Demokratisasi

Judul Buku: Radio Siaran dan Demokratisasi.
Penulis: Masduki.
Penerbit: Jendela.
Tahun: 2003.
Tebal: 204 hlm.
Berat:  184 g.
ISBN: 979-95978-148-3

Harga: Rp.35.000.

Keterangan:

Radio ibarat ruang terbuka yang tidak pernah sepi dari aktivitas, bukan hanya—meminjam istilah Bertolt Brecht—the theatre of mind, namun juga the theatre of thinking.

Radio tidak pernah habis untuk dikupas dari berbagai sudut pandang. Keberadaannya telah begitu mengakar di benak masyarakat sebagai media dengan banyak fungsi. Juga, sebagai media yang paling merakyat, radio telah menjadi arena pertaruhan kekuasaan sejak revolusi kemerdekaan hingga zaman reformasi di Indonesia.

Belum banyak tulisan yang mengupas masalah tersebut. Buku-buku tentang radio kebanyakan bermuatan panduan praktis atau rekaman perkembangan teknologi penyiaran semata. Penyebabnya bisa kita rujuk pada kebijakan sistematis di masa lalu yang mengebiri peran sosial radio, membentuk persepsi buruk dan kultur publik yang keliru terhadap radio.

Sebelum era 1998, radio tidak pernah dianggap signifikan sebagai agen perubahan sosial, radio dianggap low media, sekadar media hiburan sehingga luput dari perhatian dan kajian akademis yang mendalam. Nah, buku ini hadir untuk memantik kajian dan diskusi yang lebih aktif dan kritis perihal radio siaran di Indonesia.

4 komentar:

  1. Sdh lama bgt saya gak dengar radio

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti lebih banyak mencari informasi lewat internet ya, Mbak Jiah Al Jafara?Ohya, makasih banyak atas kunjungannya yaa.

      Hapus
    2. masih ada stoknya pak?

      Hapus
    3. Masih ada. Silakan bila berminat.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...