16/09/15

Negara dan Perempuan

Judul Buku: Negara dan Perempuan; Reorientasi Kebijakan Publik
Penulis: Dr. Muhadjir M. Darwin, MPA
Penerbit: Grha Guru
Tahun: Cetakan pertama, Mei 2005
Tebal: 314 hlm.
Berat: 334 g.
ISBN: 979-98942-6-3

Harga: Rp.45.000

Keterangan:

Ideologi patriarki masih hidup di Indonesia dan menjadi basis pengaturan hubungan-hubungan sosial di masyarakat dan hubungan-hubungan politik dalam kehidupan bernegara. Banyak kesepakatan sosial yang mencerminkan hegemoni laki-laki kurang dimaknai secara kritis, baik oleh laki-laki yang memegang hegemoni maupun perempuan yang tersubordinasi.

Lemah dan tidak efektifnya perlawanan kaum feminis terhadap model perkawinan poligami, misalnya, terjadi karena mayoritas elemen negara, ulama, dan masyarakat tidak menganggapnya sebagai masalah. Kritik dan perlawanan terhadap poligami justru dianggap mengancam kemapanan, kohesi sosial, dan pencetus konflik sosial yang tidak perlu.

Sebagai orang yang terlahir sebagai laki-laki, penulis justru merasa terpanggil untuk ikut menyuarakan keadilan gender karena yakin hal tersebut merupakan nilai kemanusiaan yang universal. Semua manusia, laki-laki dan perempuan, sama-sama berkepentingan terhadap tegaknya keadilan gender. Ini sama dengan persoalan apartheid yang bukan hanya persoalan bagi orang berwarna, tapi juga bagi orang putih yang terusik oleh praktik-praktik ketidakadilan dan kesewenang-wenangan kaumnya sendiri.

Perjuangan ke arah kesetaraan dan keadilan gender bukanlah perang perempuan melawan laki-laki, tetapi ideologi hegemoni pembebasan melawan ideologi hegemoni dan kesadaran untuk berbagi kuasa melawan dorongan untuk menguasai.

2 komentar:

  1. Penulisnya laki-laki, ambil sudut pandang perempuan. Buku bagus nih kayaknya.. bahasanya berat ya Pak? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Yuniari Nukti, ini termasuk buku bagus. Karena ditulis oleh orang yang sangat berpengalaman dalam menulis, buku ini asyik dibaca kok, Mbak, tidak terasa berat.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...