30/08/15

Transisi Demokrasi Indonesia

Judul Buku: Transisi Demokrasi Indonesia; Runtuhnya Rezim Orde Baru.
Penulis: Sutoro Eko.
Penerbit: APMD Press.
Tahun: 2003.
Tebal: 448 hlm.
Berat: 551 g.
ISBN: 979-97555-0-6

Harga: Rp.45.000.

Keterangan:

Fase demokrasi di Indonesia begitu susah payah untuk ditemukan bersama. Proses transisi menuju demokrasi dapat menggambarkan itu. Dalam deskripsi perpolitikan Indonesia masa-masa reformasi dengan kejatuhan kekuasaan neopatrimonial Soeharta sampai sekarang memetakan beberapa indikator betapa kurangsiapnya negara bangsa ini menemukan bentuk demokrasi yang dikatakan sebagai sebuah bentuk ideal pemerintahan modern.

Jalan menuju demokrasi memerlukan prasyarat yang harus terpenuhi: pemerintahan yang mau menjalankan agenda transisi, kedewasaan partai politik, bersatunya elite politik menjadi oposisi yang kuat, keperpihakan kelas menengah, masyarakat sipil yang terkondisi dan tentu saja daya dorong massa mahasiswa yang tidak boleh kehabisan energi. Prakondisi demikian tidak dipunyai bangsa ini akibat polarisasi ideologi. Gagahnya prakondisi menggambarkan lemahnya pendidikan politik era Orde Baru, sehingga jalan menuju demokrasi di Indonesia terseok-seok.

Buku ini melukiskan secara mendalam dengan didukung abstraksi teoretik yang punya daya eksplanasi terhadap transisi menuju demokrasi Indonesia yang diawali jatuhnya Soeharto. Melalui pendekatan konjungtural, karya ini merekam sejarah perjalanan gerakan demokrasi di Indonesia sejak zaman Orde Baru serta membuat penjelasan atas tumbangnya rezim neopatrimonial Soeharto yang dimulai dari badai krisis ekonomi dan bangkrutnya legitimasi rezim.

Karya ini menegaskan bahwa transisi menuju dalam rezim neopatrimonial ala Orde Baru tidak mungkin dari atas (transformasi), tetapi harus digempur dari bawah (replacement) oleh protes sosial. Sayangnya, pergantian dari Soeharto ke Habibie bukanlah replacement dan transisi yang sempurna, yang kemudian menyumbang kesulitan konsolidasi demokrasi.

4 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...